PANDUAN UNTUK PEMULA

Ini dia peluang usaha yang bisa dilakukan setelah pensiun


Bagi Anda seorang karyawan, pasti menyadari betul bahwa Anda tak akan selamanya menjadi seorang karyawan. Ya, karena menjadi karyawan itu artinya sangat bergantung pada bagaimana perusahaan tempat Anda bekerja membutuhkan Anda. Selain itu, semua orang juga tahu akan ada masanya untuk pensiun.

Sebelum memasuki masa pensiun, ada baiknya bila Anda mempersiapkan hal tersebut sedini mungkin. Hal-hal yang dipersiapkan seperti tabungan, investasi dan rencana membuka usaha kecil-kecilan. Banyak usaha yang bisa Anda lakukan di saat pensiun, berikut beberapa diantaranya.

Usaha bidang agrobisnis

usaha agribisnis bagi pensiunan budidaya pertanianAgrobisnis menjadi peluang usaha yang baik bagi pensiunan. Memiliki cukup banyak waktu luang bisa Anda memanfaatkan untuk menanam dan memelihara aneka tanaman untuk dikonsumsi seperti tomat, cabai, terong mentimun dan lain lain. Bila Anda memiliki cukup tanah di kampung, itu sangat bagus. Namun, bila tidak, Anda pun bisa mencoba memanfaatkan area yang terbatas untuk hidroponik.

Anda tak perlu ikut membajak sawah atau mengolah kebun sendirian. Jadilah konseptor dengan mengajak orang lain untuk bekerja kepada Anda.

Usaha bidang peternakan

Ternak-Bebek usaha peternakan bagi pensiunUsaha di bidang peternakan cukup menarik untuk dikerjakan setelah pensiun. Usaha peternakan meliputi peternakan kambing, sapi, ayam, ikan dan lain-lain. Bidang usaha ini, memiliki segmentasi pasar yang cukup bagus mengingat kebutuhan terhadap daging hewan ternak juga tetap tinggi. Persiapan yang bisa Anda lakukan adalah dengan belajar secara langsung ke peternak-peternak selagi menjadi karyawan.

Selain itu, persiapkan juga modal usaha karena usaha peternakan juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun, modal terpenting dari usaha, terutama peternakan adalah ilmu. Maka, jangan sungkan untuk menggali informasi mengenai jenis peternakan yang ingin Anda coba.

Usaha rumah kosan atau kontrakan

Bisnis di bidang ini cukup menggiurkan terutama bagi Anda yang tinggal di kota besar atau kota-kota satelitnya. Bila Anda memiliki tabungan yang banyak, tak ada salahnya jika menggunakan tabungan tersebut untuk membuat kosan atau kontrakkan. Itu akan memberikan penghasilan passive yang cukup menguntungkan bagi Anda dan membantu saat pensiun.

Membuka toko klontong

Membuka toko klontong di rumah sendiri tentu menjadi usaha yang cukup menyenangkan karena Anda tak perlu keluar rumah untuk bisa menghasilkan uang. Usaha ini banyak dipilih lantaran cukup mudah dilakukan. Anda bisa menggunakan uang simpanan yang diperoleh selama menjadi karyawan untuk menjadi modal usaha.

Anda bisa menjual berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti beras, mie, makanan ringan, minuman, peralatan mandi dan sebagainya.

Bisnis waralaba

Bisnis waralaba juga menarik untuk dijadikan lahan usaha pasca berhenti dari perusahaan. Dalam bisnis waralaba, hampir semua aspek yang diperlukan untuk mulai usaha sudah disiapkan oleh pemilik brand waralab tersebut. Yang Anda butuhkan hanyalah modal untuk membeli paket waralaba dan lokasi berjualan.

Ada banyak jenis waralaba, baik yang bisa dilakukan dalam skala kecil seperti aneka minuman yang bisa diperoleh dengan modal 3-8 juta rupiah sampai produk makanan seperti waralaba ayam geprek dengan modal puluhan juta rupiah.

sumber :

https://elshinta.com/news/154630/2018/09/03/peluang-usaha-yang-bisa-dilakukan-setelah-pensiun

 

 

Tinggalkan pesan