PANDUAN UNTUK PEMULA

Steamer Baglog Jamur Produksi rumaJamur


Steamer Baglog

Steamer baglog. Sahabat rumaJamur, ada beragam model dan bentuk alat yang digunakan untuk sterilisasi media jamur. Baik itu untuk keperluan pembuatan bibit maupun baglog jamur. Alat sterilisasi tersebut pada umumnya menggunakan bahan yang tahan tekanan tinggi. Dalam hal ini bahan stainless steel menjadi milihan yang utama.

Selain stainless, umumnya pembudidaya jamur juga menggunakan bahan dari kayu ataupun drum untuk membuat steamer atau alat sterilisasi baglog. Biaya pembuatannya yang tidak terlalu mahal menjadi salah satu alasan penggunaan steamer model ini. kekurangan steamer dari bahan kayu atau drum  yaitu daya tahan terhadap tekanannya yang rendah. Sehingga proses sterilisasi, lebih tepatnya pasteurisasi perlu dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Umumnya pembudidaya melakukan proses sterilisasi ini selama 5-10 jam.

steamer baglog model peti kayu

steamer baglog dari bahan besi

Untuk sistem sterilisasi yang lebih cepat bisa menggunakan model steamer boiler. Dengan menggunakan tabung terpisah (boiler) untuk menghasilkan uap panas bertekanan tinggi yang kemudian ditembakkan ke dalam steamer, maka proses pemanasan dan menyebaran panas akan lebih cepat. Ditunjang dengan bahan stainless steel maka akan dihasilkan uap panas bertekanan tinggi dalam waktu yang cepat. Sehingga sterilisasi cukup dilakukan dalam waktu 1/2 hingga 2 jam saja.

resikonya tentu saja budget awal yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan steamer biasa yang terbuat dari drum atau box kayu.

rumaJamur sebagai perusahaan jamur menyediakan peralatan / sarana sterilisasi ini dengan model dan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan rekan rekan. untuk pemesanan dan konsultasi bisa menghubungi 081210654449 / 085703071671.

 

steamer boiler modifikasi untuk sterilisasi baglog jamur

steamer dan boiler untuk sterilisasi baglog jamur

rumaJamur

jln. Ibu Ganirah 45 Cibeber Cimahi Jawa Barat

Tinggalkan pesan